Wednesday 30 August 2017

Tutorial Lengkap Belajar Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Coding Dan Kumpulan Aplikasi paling Canggih Yang Berguna

Pada postingan ini Bostutor akan membahas tutorial cara membuat aplikasi android dan beberapa kumpulan aplikasi android paling canggih serta berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menciptakan sebuah project kita harus mempunyai sebuah keinginan agar kita punya tujuan yang pasti untuk pengorbanan dalam melakukan proses tersebut.

Menciptakan sebuah apk yang bisa dijalankan di system operasi android layaknya developers menjadi sebuah mimpi para programmers pemula.

Jika anda seorang yang belum paham betul tentang program, ini bukanlah suatu masalah untuk anda dalam menciptakan sebuah project.

Dimana banyak sekali programmer atau developers yang sudah jadi master itu dulunya juga pernah jadi pemula.

Mereka mempelajari semua dengan pelan-pelan sesuai cara yang mereka pahami masing-masing mengenai Belajar Coding Android , jika anda sebagai seorang pemula anda harus belajar dan pahami dulu mengenai Programming Dengan Android karena itu dasar dari semuanya agar bisa menciptakan sebuah apk.

Saat belajar mengembangkan sebuah project anda harus memiliki sebuah keyakinan bahwa anda pasti bisa mengembangkannya dengan sukses. dalam menciptakan sebuah apk juga dibutuhkan sebuah kesabaran terhadap proses-prosesnya karena ini adalah sebuah tahap yang panjang diantaranya kita harus Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Aplikasi .

Bahasa Pemrograman merupakan fondasi utama atau tahap yang paling utama dalam proses mengembangkan apk. yang memungkinkan anda bisa melanjutkan tahap selanjutnya dalam menciptakan apk jika itu semua sudah anda pahami.

Belajar bahasa pemrograman dapat dibilang susah-susah-tidak , itu semua sesuai cara anda belajar bagaimana agar mudah untuk dipahami. cara agar anda bisa memahami dengan cepat adalah dengan banyak membaca dan menyimak dengan baik.

Belajar Membuat Aplikasi Dengan Coding Dan Kumpulan Aplikasi paling Canggih Yang Berguna


Lalu tahap-tahap apa saja yang harus dipelajari dan dipahami ?

Nah jadi sebelum anda mengembangkan sebuah aplikasi anda harus terlebih dahulu memahami fondasi utama agar tahap selanjutnya bisa dilanjutkan. oke langsung saja, mari dibaca langkah-langkah yang harus dipersiapkan calon developers untuk mengembangkan sebuah project aplikasi.

1. BAHASA PEMROGRAMAN


Bahasa pemrograman atau sering disebut bahasa komputer yaitu instruksi standar untuk memberikan perintah kepada komputer.


Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau sering disebut bahasa komputer yaitu instruksi standar untuk memberikan perintah kepada komputer. untuk lebih jelasnya bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memberikan perintah kepada sebuah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.sehingga data mana yang akan diolah oleh komputer dapat ditentukan oleh seorang programmer tentang bagaimana data ini akan disimpan dan diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan dan hasil dari bahasa pemrograman tersebut berupa program atau aplikasi. Terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang ada di dunia.

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok yaitu :

-Object Oriented Language, contohnya seperti Visual dBase, Visual C , Delphi, Visual FoxPro
-High Level Language, contohnya seperti Basic dan pascal
-Middle Level Language, contohnya seperti bahasa C
-Low Level Language. contohnya seperti bahasa Assembly

Menurut Tingkatan bahasa pemrograman terbagi kepada 3 tingkatan yaitu :

- Bahasa tingkat Tinggi contohnya bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, PHP.
- Bahasa tingkat Menengah contohnya bahasa C.
- Bahasa tingkat Rendah contohnya bahasa Assembly.


Bahasa pemrograman yang umum digunakan yaitu:



 HTML kepajangan dari HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa standar yang biasanya digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web dan selanjutnya bisa diakses dan dibaca seperti sebuah konten artikel

HTML kepajangan dari HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa standar yang biasanya digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web dan selanjutnya bisa diakses dan dibaca seperti sebuah konten artikel. HTML juga berfungsi sebagai link link antara file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs di jaringan internet.




javascript adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah program yang digunakan agar HTML yang tertampil pada browser terlihat interaktif.

- JavaScript yaitu cara yang populer untuk menambahkan fitur interaktif pada halaman web dan aplikasi.javascript adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah program yang digunakan agar HTML yang tertampil pada browser terlihat interaktif. bahasa pemrograman ini merupakan bahasa script yaitu bahasa yang dijalankan cukup dengan interpreter tanpa membutuhkan kompiler. dan java script merupakan bahasa program yang tidak perlu lisense untuk menggunakannya. dan fungsi java script adalah program yang berbentuk script yang telah ditanam di suatu browser yang akan dijalankan oleh interpreter.


 PHP yaitu bahasa program yang digunakan  untuk mengembangkan halaman web dinamis.

- PHP yaitu bahasa program yang digunakan  untuk mengembangkan halaman web dinamis.Pencipta bahasa program ini adalah Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, Dulu PHP kepanjangannya adalah (Personal Home Page Tools). Dan kemudian diganti dengan FI (Forms Interpreter). PHP diubah menjadi (PHP: Hypertext Prepocessor) sejak versi 3.0 disingkatnya (PHP). PHP:Hypertext Prepocessor yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pengembangan sebuah situs web dan dapat digunakan bersamaan dengan HTML.




 C ini adalah versi C yang digunakan oleh sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain.


- C ini adalah versi C yang digunakan oleh sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain. Bahasa Pemrograman C (general-purpose programming language),  adalah sebuah bahasa pemrograman komputer yang bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi mulai dari sistem operasi  contohnya seperti Linux/Windows, software, antivirus, pengolah gambar. hingga compiler untuk bahasa pemrograman yang lebih keren bahasa pemrograman C sering digunakan untuk membuat bahasa pemrograman lain contohnya PHP.




 C Sharp , bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET  yaitu bahasa program sederhana yang digunakan untuk tujuan umum.

- C # atau Dibaca C Sharp , bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET  yaitu bahasa program sederhana yang digunakan untuk tujuan umum. Bahasa pemrograman C# diciptakan sebagai bahasa pemrograman untuk tujuan jamak berorientasi objek, modern,  sederhana dan  C# ditujukan agar digunakan untuk mengembangkan komponen perangkat lunak yang memungkinkan  untuk mengambil keuntungan dari lingkungan terdistribusi itu. Bahasa program C Sharp ini dasarnya  bahasa C++ yang sudah dipengaruhi oleh fitur bahasa yang terdapat pada bahasa program lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan sebagainya  dengan beberapa penyederhanaan. 




 C + + yaitu bahasa pemrograman yang Dikembangkan dan berfungsi untuk menambahkan fitur berorientasi objek dengan bahasa C

C + + yaitu bahasa pemrograman yang Dikembangkan dan berfungsi untuk menambahkan fitur berorientasi objek dengan bahasa C , dengan penambahan kelas dan fitur lainnya. C++ merupakan perkembangan dari bahasa  C. bahasa C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup dan bahasa C dikembangkan oleh Bong Labs ( Dennis Rithchie)





Python merupakan bahasa program interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode

- Python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip walaupun pada prakteknya penggunaan phyton mencakup lebih luas konteks pemanfaatan meski umumnya dilakukan tidak menggunakan Skrip. yaitu bahasa pemrograman digunakan untuk membuat situs web populer dalam komunitas ilmiah dan akademik. Python merupakan bahasa program interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python juga  dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif dan diklaim bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas.Python merupakan bahasa program interpretatif multiguna yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode dengan filosofi perancangan . Python juga  dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif dan diklaim bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas. Python adalah bahasa pemrograman yang mendukung multi paradigma pemrograman. python merupakan bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.





Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan telepon genggam dan di berbagai komputer .

- Java yaitu bahasa program yang Digunakan oleh Google digunakan sebagai bagian integral dari system operasi Andro dan oleh dev independen untuk menciptakan apk android. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan telepon genggam dan di berbagai komputer . java dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995 waktu masih bergabung di Sun Microsystems sekarang merupakan bagian dari Oracle. Di bahasa Java banyak  sintaksis yang terdapat pada C dan C++. Java bersifat umum(general purpose). secara khusus java di di desain dalam memanfaatkan dependensi implementasi dengan seminim mungkin. java menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer digunakan. Karena java bisa  berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda.




Ruby . Bahasa pemrograman open source dinamis yang produktif.

- Ruby dibuat Pada tahun 1993 oleh programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto Yukihiro. pada Februari 1993 Penulisan Ruby dimulai dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby . Bahasa pemrograman open source dinamis yang produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca, ditulis, dan mudah untuk dimengerti . Ruby ditulis dengan C (bahasa pemrograman) memiliki kemampuan dasar seperti Perl dan Python. Saat ini Ruby telah berkembang diseluruh dunia,  tidak hanya di Jepang.  Tujuan dari  bahasa program ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa  pemrograman skrip yang ada di dunia Ruby juga merupakan bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi obyek.




Visual Basic yaitu disingkat dengan VB program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, dan juga memungkinkan dengan coding yang lebih kompleks


- Visual Basic yaitu disingkat dengan VB program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, dan juga memungkinkan dengan coding yang lebih kompleks. VB (Visual Basic) yaitu turunan  Basic (bahasa pemrograman) yang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Ada beberapa bahasa skrip seperti VBA (Visual Basic for Applications) dan VBScript (Visual Basic Scripting Edition). programmer mengembangkan aplikasi dengan komponen-komponen yang telah disediakan Microsoft Visual Basic dengan menggunakan Windows API Program-program Visual Basic.




 R atau disebut juga (GNU S) dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland  yaitu bahasa program dan perangkat lunak untuk meng- analisis grafik dan statitistika.


- R atau disebut juga (GNU S) dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland  yaitu bahasa program dan perangkat lunak untuk meng- analisis grafik dan statitistika. Sekarang (R ) dikembangkan oleh (R Development Core Team).Bahasa R sekarang digunakan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak statistika dan analisis data. menjadi de facto (standar) di antara statistika-wan pengembangan perangkat lunak statistika.



 Matrix Laboratory (MATLAB)


- Matrix Laboratory (MATLAB)  penciptanya adalah yaitu Ketua Departemen Ilmu Komputer di Universitas New Mexico pada akhir tahun 1970 an.  Cleve Moler  merancangnya untuk memberikan akses untuk para mahasiswa tanpa harus mempelajari Fortran dalam memakai EISPACK  dan LINPACK . Karyanya itu memperoleh sambutan hangat di kalangan komunitas matematika terapan dan menyebar dengan cepat ke universitas lain. Matrix Laboratory Dikembangkan oleh The MathWorks  yaitu bahasa pemrograman komputer generasi keempat. Matrix Laboratory berfungsi manipulasi matriks, implementasi algoritma, pemplotan fungsi dan data.




 Scala di  Desain oleh Martin Odersky pada tahun 2001 di (EPFL)  Ecole Polytechnique Federale de Lausanne. yaitu bahasa pemrograman yang menggabungkan ide ide dari pemrograman fungsional dan Petri nets pada awal tahun 2004 Scala dirilis ke publik di platform Java, pada bulan juni 2004.


- Scala di  Desain oleh Martin Odersky pada tahun 2001 di (EPFL)  Ecole Polytechnique Federale de Lausanne. yaitu bahasa pemrograman yang menggabungkan ide ide dari pemrograman fungsional dan Petri nets pada awal tahun 2004 Scala dirilis ke publik di platform Java, pada bulan juni 2004. NET  Framework dan di ikuti v(2.0) pada bulan Maret 2006 NET dukungan resmi turun pada tahun 2012. Scala kode sumber yang berfungsi untuk dikompilasi dengan Java bytecode, Scala menyediakan interoperabilitas bahasa dengan Java, Scala berorientasi objek yang  menggunakan sintaks kriting seperti pada bahasa pemrograman C.


Nah itulah beberapa bahasa pemrograman yang haru dipelajari dan dipahami calon programmer atau Developers, setelah itu dipahami baru bisa lanjut ke tahap selanjutnya, diantara menciptakan sebuah aplikasi android, bagi anda pemula setidaknya bisa mengembangkan apk sederhana.

Android merupakan system operasi mobile yang sangat populer dan paling banyak pengguna untuk saat ini selain systemnya mudah digunakan , mobile os ini juga memiliki banyak sekali aplikasi yang mempunyai fitur yang canggih dan pastinya keren.

Selain di fiturnya yang canggih juga banyak sekali Aplikasi berguna yang wajib anda instal sebagai pelengkap smartphone anda, agar memudahkan anda dalam pekerjaan sehari-hari karena ponsel pintar ini siap membantu anda.


Nah mengenai aplikasi tersebut Bostutor akan membagikan kepada anda agar anda langsung menginstal apk nya dan semoga dapat meringankan pekerjaan anda. inilah beberapa Aplikasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari :

1. WPS Office + PDF 

Jika anda seorang pekerja kantoran, mahasiswa atau siswa aplikasi ini sangat berguna untuk anda. WPS Office bisa membantu dalam pekerjaan anda seperti membuat laporan , skripsi , makalah atau tugas-tugas lainnya. WPS office dikembangkan oleh Kingsoft dan mempunyai fungsi hampir sama dengan microsoft office yang dikembangkan oleh Microsoft.


WPS office dikembangkan oleh Kingsoft dan mempunyai fungsi hampir sama dengan microsoft office yang dikembangkan oleh Microsoft.


2. Grab (GrabTaxi) 

Adalah aplikasi penyedia jasa transportasi yang memudahkan anda dalam perjalanan tanpa ribet. anda akan diantar ke tempat tujuan anda hanya dengan mendownload apk grab di google playstore. Grab adalah sebuah perusahaan yang berasal dari singapura yang jasa transportasinya tersedia di 6 negara Asia tenggara yaitu Singapura , malaysia , thailand , vietnam , filiphina dan indonesia.


 aplikasi penyedia jasa transportasi yang memudahkan anda dalam perjalanan tanpa ribet.



3. Shazam 

Anda pasti pernah mendengar lagu di telivisi atau di radio dan anda suka dengan lagu itu tapi anda tidak mengetahui judulnya , nah aplikasi ini bisa membantu anda untuk mengetahui judul lagu. dengan cara anda dekatkan smartphone anda dengan sumber suara musik itu, kemuadian shazam akan otomatis mendetek dan mencari judul dari musik itu.


 membantu anda untuk mengetahui judul lagu. dengan cara anda dekatkan smartphone anda dengan sumber suara musik itu, kemuadian shazam akan otomatis mendetek dan mencari judul dari musik itu.



4. MX Player 

Adalah aplikasi pemutar video yang paling bagus untuk saat ini , dengan fiturnya yang keren yaitu bisa memutar video dengan berbagai macam format serta dapat menambahkan subtitle jika anda mau menonton film. apk ini juga tersedia untuk ponsel berbasis java dan symbian yang fiturnya juga bagus.


MX Player adalah aplikasi pemutar video yang paling bagus untuk saat ini , dengan fiturnya yang keren yaitu bisa memutar video dengan berbagai macam format serta dapat menambahkan subtitle jika anda mau menonton film




5. Mi Remote controller for TV/AC 

Jika anda user MI pasti anda tau dengan aplikasi remote control yang dikembangkan oleh Xiaomi Inc. apk ini berguna untuk mengontrol Telivisi , AC, Kipas angin, Pemutar dvd , projektor dan lain-lain. Dengan fiturnya kita bisa mematikan menghidupkan dan mengontrol alat tersebut.


berguna untuk mengontrol Telivisi , AC, Kipas angin, Pemutar dvd , projektor dan lain-lain. Dengan fiturnya kita bisa mematikan menghidupkan dan mengontrol alat tersebut.



6. Grenify 

Berfungsi untuk melegakan Ram smartphone anda , jika di ponsel anda terinstal game dengan kualitas besar maka Ram yang terpakai untuk menjalankan game tersebut pastilah besar, nah agar ponsel anda lebih cepat dalam menjalankan game yang memakan ram besar maka Grenify wajib anda instal di ponsel pintar anda. selain itu grenify juga berguna untuk menghemat baterai perangkat anda dengan menutup aplikasi yang tidak anda gunakan sehingga RAM menjadi lebih ringan.


Grenify berfungsi untuk melegakan Ram smartphone anda



7. Maps 

Adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan, peta jalan, citra satelit , kondisi lalu lintas, panorama 360°, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, sepeda, mobil,  atau angkutan umum. selain itu fungsi google maps adalah mempercepat pencarian sebuah lokasi dengan cepat yang bisa diakses dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet.


 Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan, peta jalan, citra satelit , kondisi lalu lintas, panorama 360°, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, sepeda, mobil,  atau angkutan umum.



8. Google Terjemahan 

Juga aplikasi yang dikembangkan oleh google yang sangat membantu anda jika tidak mengerti bahasa asing , anda bisa berkomunikasi dengan orang asing tanpa memikirkan bahasa apa yang digunakan karena Google terjemahan bisa menerjemahkan kurang lebih 100 bahasa. selain itu google translate juga memilik fitur potret , yaitu mencari arti dari poster atau gambar hanya dengan mengarahkan kamera ponsel kearah gambar tersebut dan langsung muncul artinya. dan ada juga fitur Listening yaitu anda hanya membaca dekat dengan ponsel makan akan diterjemahkan dengan sendirinya.


Google Terjemahan juga aplikasi yang dikembangkan oleh google yang sangat membantu anda jika tidak mengerti bahasa asing



9. SHAREIT: File Transfer, Sharing 

Untuk mengirim file ke perangkat lain tanpa menunggu lama aplikasi ini bisa membantu anda dengan kecepatan transfer lebih dibandingkan mengirim file via Bluetooth. selain itu dengan Shareit anda juga bisa memindahkan atau mentransfer file ke komputer anda dengan kecepatan lebih dibandingkan dengan menggunakan kabel data. aplikasi ini hampir sama dengan AirDroid tapi agar berbeda di cara transfer filenya.

untuk mengirim file ke perangkat lain tanpa menunggu lama aplikasi ini bisa membantu anda dengan kecepatan transfer lebih dibandingkan mengirim file via Bluetooth.





10. Android Device Manager (Temukan Perangkat Saya)

Adalah aplikasi pelacak perangkat anda jika ponsel anda hilang , apk ini hampir sama dengan aplikasi "find my iphone" yang memiliki fungsi yang sama di apple. dengan apk ini anda bisa melacak keberadaan ponsel anda menggunakan GPS dan fiturnya bisa membunyikan suara yang keras , mengunci perangkat anda , dan menghapus semua data perangkat anda. aplikasi ini sangat berguna sekali untuk jaga-jaga kalau ponsel anda hilang jadi bisa jadi cara alternatif untuk menemukannya.

 adalah aplikasi pelacak perangkat anda jika ponsel anda hilang






11. Gravity Screen - ON/OFF 

Aplikasi ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan layar perangkat secara otomatis tanpa anda sentuh , jika ponsel anda mengalami kerusakan pada tombol power , maka apk ini menjadi solusinya. anda tinggal menginstal apk ini dan anda tidak perlu menekan tombol power saat anda menghidupkan dan mematikan perangkat anda. nah bagi anda yang ingin mencobanya silahkan unduh di goole playstore.

 berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan layar perangkat secara otomatis tanpa anda sentuh





12. 1Password - Password Manager And Secure Wallet

1Password sangat dibutuhkan untuk anda yang mempunyai banyak data penting yang dikunci dengan kata sandi karena 1Password Berfungsi untuk menyimpan password anda dengan aman, jika anda memiliki banyak password penting yang susah anda ingat maka apk ini adalah solusinya.

 berfungsi untuk menyimpan password anda dengan aman, jika anda memiliki banyak password penting yang susah anda ingat maka apk ini adalah solusinya.


Nah itulah Beberapa aplikasi yang berguna yang wajib anda instal di ponsel pintar anda. anda pasti pernah berfikir bagaimana cara developer mengembangkan aplikasi dengan fitur yang sangat canggih contohnya seperti apk diatas. sebenarnya anda juga bisa seperti mereka tapi pahami dulu tahap-tahapnya jika anda sudah memahami sedikit maka anda bisa Belajar Membuat aplikasi android sederhana dengan eclipse dan anda bisa juga Membuat aplikasi dengan bantuan android studio, membuat apk dengan kedua software itu harus anda coding melalui komputer.

Jika anda agak susah dalam mengoding apk via komputer, anda juga bisa Membuat aplikasi android dengan App Inventor  yang membantu anda dalam menciptakan aplikasi tapi dengan tampilan web dan bisa anda olah melalui ponsel anda, hanya dengan menginstal App Inventornya saja.


Itulah Kumpulan aplikasi dan tutorial untuk anda calon developers tentang apa saja yang harus anda persiapkan. sekian dari postingan ini, terimakasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Lengkap Belajar Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Coding Dan Kumpulan Aplikasi paling Canggih Yang Berguna

4 comments:

  1. sangat bermanfaat sekali om, kebetulan saya penggemar pembuat aplikasi juga, saya mau belajar sedikit-sedikit terima kasih tutorialnya saya akan pelajari nanti :)

    ReplyDelete
  2. bang ane mau belajar pemrograma php dan ajax itu dimana ya tempat web belajar itu?

    ReplyDelete
  3. Nice artikel gan , ane baru belajar php gan ? pengen juga sih belajar android tapi harus paham konsep php dulu ya ?

    ReplyDelete