Saturday 12 August 2017

Membuat Aplikasi Android Tanpa Belajar Bahasa Program Dengan Software Pembuat App Inventor

Apakah bisa membuat aplikasi android tanpa belajar bahasa program. ? tentu bisa . sebenarnya menciptakan sebuah aplikasi android tidak perlu menjadi  seorang developers. Anda bisa membuat apk android sederhana dengan bantuan App Inventor.

App Inventor adalah aplikasi yang awalnya dikembangkan oleh google dan sekarang dikelola oleh (MIT) Massachusetts Institute of Technology.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Belajar Bahasa Program Dengan Software Pembuat App Inventor


App inventor merupakan aplikasi web sumber terbuka yang memungkinkan pengguna baru untuk meciptakan dan memogram aplikasi perangkat lunak untuk Operasi system android. di app inventor anda bisa men drag-drog objek visual untuk menciptakan apk yang bisa berjalan di os android , karena app ini menggunakan antarmuka grafis yang sama dengan antar muka pengguna pada scratch dan starlogo TNG. App ini menggunakan bahasa pemograman java dan kawa scheme dan sistem operasinya adalah aplikasi berbasis web dan di situsnya hanya tersedia satu bahasa yaitu inggris.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Belajar Bahasa Program


Setelah anda memahami apa itu app inventor , sekarang  kita langsung masuk ke tahap tahap membuat aplikasi dengan app inventor. oke mari disimak langkah langkahnya.

1. Buka laman web Resmi app inventor >>>DISINI<<<  Karena app invertor aplikasi berbasis web         jadi pembuatan apk nya melalui web.

2. kemudian klik Create Apps!

3. Ketika anda masuk ke laman login anda harus masuk dengan akun google , silahkan anda                     masukkan gmail dan password anda Terus login.

4. Setelah login,  Kemudian anda akan dialihkan ke laman App invertor.

5. Terus anda Klik tombol Start new project dan selanjutnya isikan nama projectnya sesuai yang anda     suka

6. Sebelum anda membuat apk , terlebih dahulu anda men setting konfigurasi dasar:
    - ceklis ShowStatusBar
    - setting sizing = fixed
    - title = screen 1

7. Tambahkan komponen canvas , pilih komponen ini pada jendela Palette di sub menu Drawing and Animation. Tambahkan juga komponen sensor accelerometer.  Pilih di jendela Palette->Sensors. Dan anda harus atur lebar canvas supaya sesuai dengan ukuran layar smartphone. Anda klik komponen canvas kemuadian atur lebar canvas menjadi fill parent melalui jendela Properties.

8. Selanjutnya anda atur block editor Dengan cara masuk ke halaman Blocks dan klik tombol Blocks di bagian kanan atas interface MIT App Inventor. Kemudian jendela designer pindah ke jendela blocks.

9. Setelah muncul di jendela blocks klik komponen canvas dan pilih block when canvas1.Dragged. terus klik komponen canvas lagi dan pilih block call canvas1.DrawLine. Terus ambil block Get yang terdapat di jendela Blocks->Built-In->Variables. Kemudian Tambahkan perintah Get sampai terisi  semua slot pada block call canvas1.DrawLine. kemudian pilih block when AccelerometerSensor1, Shaking yang dapat diakses pada jendela Blocks->Screen1->AccelerometerSensor1. terus tambahkan block call Canvas1, Clear yang bisa diambil dari block canvas1 dan tempelkan pada block when AccelerometerSensor1.Shaking.

10. Setelah  selesai semua tahap di atas, sekarang tiba anda bisa test aplikasi yang anda buat. Agar bisa melakukan test , Anda harus menyiapkan smartphone dan harus tersambung dengan jaringan internet. Kemuadian download MIT AI2 Companion di Play Store terus masukkan kode yang muncul di menu Connect->All Companion pada laman MIT App Inventor.masukkan kode tersebut saat MIT AI2 Companion telah terinstal pada perangkat Anda. Terus jika langkah diatas sudah selesai , selanjutnya silahkan anda coba apk yang sudah anda ciptakan.

Nah , mudah caranya bukan , cara membuat aplikasi sederhana tanpa belajar bahasa pemrograman , walaupun apk buatan dengan app inventor jauh berbeda dengan aplikasi yang diciptakan oleh developers lainnya dengan fitur yang canggih canggih tapi menyenangkan karena kita bisa membuat apk sendiri dengan fitur yang sederhana. setelah anda benar benar memahami cara membuat aplikasi dengan app invertor anda bisa Belajar membuat aplikasi android dengan android studio  dan Tutorial membuat aplikasi android dengan eclipse yaitu membuat apk harus memahami coding, Caranya juga tidak terlalu susah jika anda pelajari dulu bahasa pemrograman atau coding. 

sekian dari postingan saya ini semoga bermanfaat , terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Aplikasi Android Tanpa Belajar Bahasa Program Dengan Software Pembuat App Inventor

1 comments: