Thursday 10 August 2017

Belajar Android Programming , Coding Pemrograman Membuat Aplikasi Seperti Developer Untuk Pemula

Kali ini saya mengajak anda untuk belajar android programming. android adalah system operasi berbasis linux yang terancang untuk smartphone atau Tablet komputer.



Belajar Android Programming


Untuk mengembangkan aplikasi android kita harus memahami java dasar, karena dev android mengembangkan apk android dengan pemograman java dasar.


Pemograman yang berorientasi objek itulah java , java dikembangkan sejak tahun 1991 oleh sun microsystems java dapat dijalankan di berbagai komputer dan handphone .  java juga menjadi pondasi bagi bahasa pemograman lainnya seperti :

- Kotlin 

Yaitu bahasa pemrograman pragmatis untuk JVM dan Android yang mengkombin Object Oriented  dan juga fitur fungsional yang fokus pada interoperabilitas, kejelasan, keamanan dan dukungan integrasi dengan berbagai tools major.

- Ruby 

Yaitu bahasa pemrograman  yang dinamis berbasis skrip dan berorientasi obyek. Fungsi dan tujuan bahasa program ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip dari segala bahasa program . Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

- Scala 

Yaitu kode sumber dirancang untuk dapat dikompil dengan Java bytecode . Scala adalah bahasa yang berorientasi objek, dan menggunakan sintaks kriting mengingatkan pada bahasa pemrograman C

- Clojure 

Yaitu bahasa pemrograman dan juga kompilator. Sintaksis dari Clojure adalah dialek dari Lisp. Lisp merupakan singkatan dari (List Processin) dan merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi tertua kedua setelah Fortran.

- Groovy 

Yaitu sebuah bahasa pemrograman dinamis yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java.  dan Groovy ini di rancang dengan mengambil fitur fitur terbaik yang terdapat dalam bahasa pemrograman dinamis lain seperti Smalltalk , Ruby, dan Python.


Dan java juga memiliki package manager yang populer sejak digunakan di android studio yaitu dengan nama Gradle. selain itu java juga mempunyai kelebihan dan kekurangan diantaranya :

Kelebihan java adalah :
- multiplatform yaitu dapat dijalankan di beberapa sistem operasi.
- perpustakaan yang lengkap yaitu kumpulan program-program yang disertakan dalam pemograman     java.
- memiliki sintaks seperti pemograman C++ sehingga banyak menarik pemogram c++ pindah ke java.
- pemograman beorientasi objek.
- memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori.

kekurangan java adalah:
- Tidak kompatibel antara platform dengan platform yang lain untuk J2SE.
- Terlalu mudah di Dekompilasi.
- Penggunaan memori yang banyak.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk program android adalah:


1. JAVA DEVELOMENT KIT (JDK)


java develoment kit yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan proses kompil dari code java ke bytecode dan JDK  dapat dijalankan oleh JRE , jika anda ingin melakukan proses pembuatan aplikasi java maka JDK harus terinstal di pc.


2. JAVA RUNTIME EVIRONMENT (JRE)


java runtime evironment yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan apl yang dibangun dengan java. Versi JRE harus sesuai atau bisa lebih tinggi dengan JDK yang digunakan untuk mengembangkan apl java.

3. Aplikasi android studio atau Eclipse


Android studio adalah program IDE sebagai android develoment yang offcialnya dari google.
dan Eclipse yaitu sebuah integrated develoment environment (IDE) berfungsi untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform.

4. Android SDK

Android SDK  (Software Develoment Kit ) yaitu alat bagi developers yang ingin mengembangkan aplikasi berbasis android. dan android SDK terdiri dari tutorial , handset emulator , dokumentasi , contoh kode , libraries dan debugger. disetiap Google merilis versi terbaru dari Android dan SDK yang baru juga dirilis. agar dapat menulis program dengan fitur terbaru, dev harus menginstal SDK versi yang cocok untuk Smartphone tertentu.Pengembangan Platform yang kompatibel dengan SDK termasuk sistem operasi seperti Windows , Linux dan Mac OS x dan add ons pihak ketiga juga tersedia untuk di download.

Nah itulah hal yang harus anda pahami sebelum Membuat aplikasi android , sebenarnya tidak terlalu susah untuk menjadi seorang programmer anda harus membaca dan memahami Coding Android Untuk Pemula , pengertian pengertian dari bahasa program dan semua yang berhubungan dengan teknik pemograman .

Sekian dari postingan ini , semoga bermanfaat .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Android Programming , Coding Pemrograman Membuat Aplikasi Seperti Developer Untuk Pemula

0 comments:

Post a Comment